Salam Jumpa

Selamat Datang Rekan-Rekan Mancing Mania, Semoga Hari Ini Lebih Baik Dari Hari Yang Tlah Lalu

Senin, 17 Desember 2012

CARA MEMILIH JORAN DAN PERAWATANNYA



Bagaimana memilih joran yang tepat?  Di dalam memilih joran sebaiknya berdasarkan tujuan apakah  untuk lomba atau hanya untuk rekreasi saja. Apabila ingin mengikuti lomba/ galatama sebaiknya memakai joran yang hanya lentur ujungnya saja. Karena waktu mengajar ikan menjadi lebih singkat dibanding dengan joran yang lentur sampai ke tengah.


Joran untuk lomba/galatama sebaiknya juga dipilih model yang tanpa sambungan (1 piece). Joran Telescopic kurang dianjurkan karena tiap sambungannya mudah bergeser sehingga kelenturannya berkurang dan juga kekuatannya terbagi-bagi.

Kontradiksi antara joran pendek dan panjang sejauh ini hampir tidak ada masalah, tetapi untuk lomba idealnya panjang joran berkisar 168-180 cm. Joran yang lebih panjang memang dapat melontarkan umpan yang lebih jauh, tapi disesuaikan dengan luas kolam yang rata-rata sempit sehingga tidak memerlukan lontaran yang jauh seperti di laut.

Bagi yang memancing hanya untuk rekreasi saja sebaiknya pergunakan joran yang lentur sampai ke tengah akan membuat pemancing dapat menikmati waktu pengajaran lebih lama, walaupun yang menyambar umpan mungkin hanya ikan kecil.

 
Tips agar joran tidak mudah patah dan perawatannya.

Joran patah sewaktu dipakai mengajar ikan bukan sepenuhnya salah penjual atau pabrik pembuatannya. Jika mau jujur, joran patah lebih merupakan kesalahan dari si pemancing itu sendiri, yaitu membebani joran di luar batas kemampuan joran tersebut.

Penyebab joran patah di kolam pemancingan atau di laut, paling sering karena pemancing menyentak joran hanya dengan memutar pergelangan tangan atau mengayun menggunakan siku. Perputaran melebihi sudut 90 derajat inilah yang membuat joran langsung patah.

Seharusnya menyentak joran cukup dilakukan dengan mengayunkan lengan, ditambah dengan menggerakkan pergelangan tangan ke belakang. Ini sudah membuat kail mengait mulut ikan tanpa terlalu berlebihan membebani joran.

Sesudah memancing, bilas joran anda dengan menggunakan air sabun untuk menghilangkan kotoran-kotoran dan bau. Yakinkanlah bahwa joran itu sudah benar-benar anda keringkan dengan cara mengelap sebelum disimpan, kalau perlu melapisi joran dengan cairan (WD40) agar kotoran/debu tidak cepat menempel.

Simpanlah joran anda di tempatnya, jauhkan dari sinar matahari secara langsung, karena apabila joran terkena sinar matahari akan berubah menjadi getas/kering sehingga mudah patah.

Kelebihan & Kekurangan Bahan Joran

Bahan Kelebihan Kekurangan Keterangan
Fiber Glass
  • Kuat
  • Harganya murah
  • Tidak membutuhkan perawatan khusus
  • Berat
  • Actionnya tidak sebagus joran High Carbon
-Dipakai oleh pemancing pemula-Fiber glass warna kuning (Korea) warna hitam (RRC)
Mix Carbon
  • Actionnya sangat bagus
  • Lebih kuat dari bahan carbon
  • Harganya mahal
-Tujuan dari pencampuran ini agar sifat unggul dari masing-masing baham dapat dimaksimalkan
High Carbon
  • Actionnya sangat bagus
  • Ringan
  • Harganya mahal
  • Mudah tergores
-Dipakai oleh pemancign professional-Membutuhkan perawatan khusus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar